The Official Blog Account of Olvia Andiyani Syafitri

BAB 4 PETA PEREKONOMIAN INDONESIA


PETA PEREKONOMIAN INDONESIA

 1. Keadaan Geografis di Indonesia
      Seperti yang kita ketahui, sejak dari kita mulai mempelajari geografis Indonesia, dari SD hingga kini, Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari kepulauan besar maupun kepulauan kecil yang mempunyai kurang lebih sekitar 17.000 pulau dengan luas daratan yang mencapai 1.922.570 km2  dan luas perairannya pun mencapai 3.257.483 km2. 
      Karena letaknya yang berada di garis Khatulistiwa dan berada di daerah tropika, Indonesia pun memiliki iklim tropik basah karena adanya angin monsoon barat serta angin monsoon timur. Indonesia pun tidak seperti negara – negara barat yang mempunyai 4 musim. Di Indonesia, kita hanya mengenal 2 musim saja, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.
     Selain itu, Indonesia terkenal kaya akan Sumber Daya Alam yang melimpah serta terkenal mempunyai daerah pertambangan yang berkualitas yang hasil dari pertambangan itu sendiri pun sudah di ekspor ke berbagai negara di dunia. Pertambangan di Indonesia yang sudah mendunia seperti pertambangan minyak, gas alam, batubara, timah, tembaga, serta pertambangan yang lainnya.

2. Mata Pencaharian
     Karena kaya akan sumber daya alam yang melimpah, maka masyarakat di Indonesia pun memiliki berbagai macam mata pencaharian, seperti pertanian, peternakan, perikanan, dan lain sebagainya.  Tapi faktanya, hampir 70% penduduk di Indonesia memilih mata pencaharian pertanian. Pertanian dipilih karena letak Indonesia yang sangat strategis untuk mata pencaharian pertanian yaitu luas daratan yang mencapai sepertiga dari total keseluruhan yang dilewati oleh barisan pegunungan – pegunungan dunia. Dan karena hal itu, Wilayah daratan Indonesia menjadi subur. Itulah sebabnya banyak orang yang memilih pertanian sebagai mata pencaharian utama, dan karena itu juga Indonesia disebut sebagai negara agraris.

3. Sumber Daya Manusia
     Banyak sekali hal – hal yang terkait dengan sumber daya manusia, yaitu :
a. Laju Pertumbuhan Penduduk
     Setiap tahunnya, laju pertumbuhan penduduk sangat pesat. Meskipun sudah di galakkan program KB atau Keluarga Berencana, tapi hanya berpengaruh sedikit saja pada laju pertumbuhan penduduk. Banyak hal yang menyebabkan laju pertumbuhan penduduk tiap tahun semakin pesat, yaitu :
* Tingkat Kematian
* Tingkat Kelahiran
* Migrasi
b. Penyebaran Penduduk
     Penyebaran penduduk merupakan perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat yang lain. Contohnya seperti penduduk yang dari desa pindah ke kota karena alasan ingin mencari pekerjaan dan kehidupan yang lebih layak.
c. Angkatan Kerja
     Angkatan kerja adalah angkatan yang penduduknya berusia 15 – 64 tahun yang merupakan usia produktif. Angkatan kerja ini bisa dibagi ke dalam 4 golongan, yaitu :
* Penduduk yang bekerja penuh adalah orang – orang yang bekerja secara aktif dalam pekerjaannya.
* Pengangguran tersamar adalah orang – orang yang melakukan suatu pekerjaan yang dikerjakan juga oleh orang lain yang jumlahnya berlebihan, sehingga pekerjaannya justru tidak maksimal.
* Pengangguran terbuka adalah  orang – orang yang tidak memiliki pekerjaan, tetapi sedang berusaha untuk mencarinya dan siap jika seandainya dipanggil untuk bekerja.
* Setengah menganggur adalah orang – orang yang pekerjaannya tidak sesuai dengan keahliannya, dan tidak memberi kemampuan maksimalnya dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.
d. Sistem Pendidikan
    Di Indonesia, pelaksanaan pendidikan berlandaskan Pancasila dan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Jalur pendidikan itu sendiri pun dibagi menjadi tiga, yaitu :
* Pendidikan formal, yaitu pendidikan yang berurutan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga mencapai Perguruan Tinggi.
* Pendidikan nonformal, yaitu pendidikan yang lebih disesuaikan dengan keahlian yang bertujuan mengasah keahlian itu sendiri sehingga bisa diperuntukan dan digunakan di dunia kerja dan di masyarakat , seperti kursus bahasa Inggris, dll.
* Pendidikan informal, yaitu pendidikan yang diberikan lingkungan sekitar, seperti orangtua yang mengajarkan tata krama dan etika kepada anaknya, dll.
4. Investasi
Dilihat dari pengertiannya, investasi adalah penanaman modal, saham, atau sumber daya lainnya, yang ditanamkan kepada orang / perusahaan yang lain, sehingga dapat memperoleh keuntungan di waktu ke depannya. Investasi sangat berperan penting dalam proses pembangunan di Indonesia. Tapi, dengan sulitnya dana investasi yang akan diberikan oleh masyarakat, akhirnya Pemerintah pun harus menjalankan upaya – upaya untuk mendapatkan investasi tanpa mengandalkan secara penuh investasi dari masyarakat itu sendiri. Upaya – upaya tersebut adalah :
* Pemerintah harus lebih mengembangkan ekspor komoditi non migas, agar penerimaan pemerintah dari sektor luar negeri pun dapat meningkat.
* Pemerintah harus mengupayakan agar pinjaman luar negeri bisa memberikan syarat yang tidak berat, dan juga dipakai untuk kegiatan investasi dengan prinsip prioritas.
* Pemerintah harus membuat iklim investasi di Indonesia menjadi aman serta menarik untuk penanam modal asing, sehingga penanam modal asing pun akan semakin banyak berdatangan di Indonesia untuk menanamkan modalnya.
* Pemerintah harus lebih menggiatkan serta menyempurnakan sistem perkreditan serta siste perpajakan yang ada di Indonesia, khususnya kredit untuk golongan ekonomi kebawah.
Sumber :



0 comments:

Post a Comment